Cara Memutihkan Tusuk Sate dengan H2O2

Oleh. Ari Wahyono, S.Pd.T

Grade 1 tusuk sate ayam memiliki ciri : seragam ukuran, tajam, kaku, keras, halus permukaannya, dan yang khusus adalah memiliki warna yang cerah.

Banyak di google orang mencari cara dengan mengetik :
"bagaimana cara memutihkan tusuk sate bambu?"

Mari saya jelaskan secara sederhana.

Bahan dan Peralatan yang diperlukan:
1. Bak air dengan pemanas.
2. Air
3. Hidrogen Peroksida (H2O2)
4. Pemanas Air
5. Rak Peniris
6. Reservoar air
Pemutihan Tusuk Sate bahan Bambu dengan H2O2

Untuk prosesnya sebagai berikut, untuk mendapatkan tusuk sate bambu atau produk bambu olahan yang hendak di putihkan.

Kadar putih nya bisa disesuaikan dengan keinginan kita.
Berikut cara memutihkan tusuk sate bambu dengan H2O2 yang saya maksud:
Urutan Langkah sebagai berikut:

1. Langkah 1  :
 Siapkan larutan H202 dengan kadar campuran 10% (volume). Kemudian panaskan campuran tersebut pada bak pemanas / loyang pemanas yang kita perkirakan cukup untuk memasukkan bahan bambu atau tusuk sate bambu yang akan kita proses putihkan.
Panaskan larutan hingga suhu sekitar 80 derajat skala Celcius. Kemudian masukkan tusuk sate bambu ke dalam larutan panas tersebut. Sekitar 30 menit kemudian angkat dan tiriskan pada rak khusus untuk meniriskan tusuk sate tadi. Persiapkan langkah 2.

2. Langkah ke-2:
Siapkan loyang dan lokasi ke 2 untuk proses ke 2 ini, terpisah dari lokasi pertama.
Siapkan larutan H202 dengan kadar campuran 5% (volume). Kemudian panaskan campuran tersebut pada bak pemanas / loyang pemanas yang kita perkirakan cukup untuk memasukkan bahan bambu atau tusuk sate bambu yang akan kita proses putihkan. Panaskan larutan hingga suhu sekitar 60 derajat skala Celcius. Kemudian masukkan tusuk sate bambu ke dalam larutan panas tersebut. Sekitar 45 menit kemudian angkat dan tiriskan.

Keterangan : 

  • Di langkah 1 sebenarnya hasil tusuk sate bambu sudah cukup putih apalagi kemudian di oven dengan suhu 75 derahat Skala Celcius hingga kering. Namun dengan langkah ke 2 hasilnya jauh lebih putih dan cerah.
  • Pastikan proses dilakukan siang hari pada saat cerah, sehingga tidak ada tetesan air hujan, air embun, dll yang akan mengganggu kadar campuran larutan H2O2. Karena larutan ini peka, sedikit terkontaminasi maka bukan putih hasilnya tapi justru warna nya bisa sebaliknya kusam dan abu-abu parah.



Selesai proses 1 dan 2 Tusuk sate bambu siap di masukkan ke oven, sebelumnya pastikan sudah di anginkan beberapa saat sehingga tidak ada lagi tetes larutan H2O2 pada tusuk sate bambu.

Bahan larutan H2O2 harus di perlakukan khusus tidak kemudian sembarang di buang ke lingkungan sebagai limbah karena bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu untuk melakukan proses kimiawi pada tusuk sate bambu lebih baik jika perusahaan anda memiliki konsultan produksi kimiawi. Terimakasih

Posting Komentar untuk "Cara Memutihkan Tusuk Sate dengan H2O2"