HARGA bagi Distributor atau Reseller Tusuk Sate

sumber : images.google.com
Oleh. Ari Wahyono

Tulisan ini berangkat dari tingginya traffict dan telefon ke Distributor Tusuk Sate "Naga Mas". Setiap kali penelfon membuka pembicaraan atau SMS langsung menanyakan harga. Bahkan banyak format SMS seperti ini:

"Berapa harga tusuk sate per kilogram sekarang?"
"Tusuk sate ayam berapa per kilogram?"
"Pak, Harganya berapa tusuk sate nih?"

dan SMS atau BBM senada.

Setelah kami jawab dengan jawaban bervariasi, namun kami anggap lengkap. misalkan,

"Baik, ini dengan Bapak/Ibu siapa dan berlokasi dimana bpk/ibu?. Tusuk sate Ayam Rp.14.000,- /kg pembelian minimal 100Kg. JIka lebih bisa nego"

Langsung banyak yang menjawab,

"Mahal amat? di Jawa Timur masih 8rb an"
"Lho kok tinggi sekali? Harga di Malang masih di bawah 9rb"
.

Menanggapi para penelfon dan calon pelanggan ini saya membuat tulisan ini.
Kami sampaikan bahwa dalam jual beli Gooods (barang). Harga hanyalah 1 variabel meskipun ini penting namun jika kita berbisnis, membahas harga saja tidak cukup.

Langsung ke Pembahasan Harga Tusuk Sate.
Konsumen kita membeli tusuk sate, artinya membelanjakan sejumlah uangnya untuk mendapatkan tusuk sate. Niat awalnya adalah mendapatkan manfaat dari tusuk sate tersebut. Artinya, konsumen akan terpuaskan kebutuhannnya manakala tusuk sate yang diperoleh sesuai dengan kebutuhan yang dicarinya.

Mahal atau Murah menjadi relatif
 
Mahal atau murah itu sangat relatif. Artinya ketika seseorang mengatakan mahal belum tentu semua orang juga mengatakan mahal. Tergantung seberapa manfaat yang bisa dihasilkan dari barang/jasa yang dibeli dengan sejumlah uang tersebut.
Misalkan kita beli tusuk sate per kilogram harga Rp. 8.000,-/Kilogram. Secara singkat kita katakan ini 'murah' untuk hari ini. Namun apakah selesai sampai disini?. Kan tidak. Hal setelah harga yang perlu anda ketahui pada produk tusuk sate :

1. Kekeringan, apakah Tusuk Sate nya kering sehingga awet dalam masa pengiriman hingga pengguna (User) atau pembeli terakhir. Karena harga tersebut menjadi 'tidak murah' bahkan berubah menjadi kerugian total ketika harga per kilogram misalnya Rp.8.000,- namun begitu di simpan 4 hari sudah dipenuhi jamur dan berubah warna bintik-bintik, bau nya apek dst. Nah....hal seperti inilah yang perlu kita perhatikan.
2. Keras dan Tajam, Tusuk sate memang tidak hanya digunakan untuk menusuk daging saja, kadang menusuk bahan yang serupa. Namun secara umum sifat tusuk sate yang diperlukan adalah Kuat, Keras, Tajam, Seragam dengan warna cerah dan bersih.
Pertanyaan berikut mungkin akan menyadarkan kita, Maukah misalkan kita beli tusuk sate harga Rp. 8.000,- namun ternyata dari 1200 tusuk dalam sekilogram nya ada 300 tusuk tumpul, atau rusak dan pecah-pecah, mudah patah????.
3. Seragam ukurannya, bersih dan warnanya cerah bersih. warna cerah dan bersih sangat mempengaruhi cita rasa penyajian. Oleh karena itu penjual sate dan kuliner suka memilih apapun sajiannya yang kesannya bersih dan higienis. karena kebersihan adalah kriteria yang masuk ke semua konsumen. Tusuk sate berwarna cerah, kering dan bersih serta halus menjadi variabel lain yang perlu menjadi pertimbangan.
4. Lokasi dan jenis market, kualitas makanan di warung tenda, remang-remang, di kafe, di Lounge, di resto dan rumah makanan memiliki standart berbeda baik kualitas hingga prosedur penyajian. Sehigga sesama penyedia kuliner yang membutuhkan tusuk sate masing masing memiliki kualifikasi berbeda.

Tingkat harga Tusuk Sate 2013 hingga Harga Tahun 2016



Pertanyaan berikutnya, sampai berapa harga Tusuk Sate dianggap wajar dan layak?
mari kita hitung.

Harga rerata tahun 2003 per kilogram  Rp.5000,-/kg (Terendah 3000/Kg-Tertinggi 7500/kg)

Harga rerata tahun 2004 per kilogram  Rp. 5500,-/Kg

Harga rerata tahun 2006 per kilogram  Rp. 6000,-/Kg


Harga rerata tahun 2008 per kilogram   Rp. 7600,- /Kg

Harga rerata tahun 2010 per kilogram   Rp. 8000,-/Kg

Harga rerata tahun 2012 per kilogram   Rp. 8500,-/Kg (Januari -Februari)

Harga rerata awal tahun 2013 per kilogram   Rp. 13.000,-/Kg (Terendah 8000/Kg - Tertinggi 28000/Kg)

Harga rerata hingga Mei  2013 per kilogram Rp. 16.000,-/Kg

Harga rerata hingga September 2013 per kilogram Rp.17.800,-/Kg

Harga rerata hingga Desember 2014 per kilogram Rp. 18.350,-/Kg

Harga rerata hingga Maret 2015 per kilogram Rp. 21.450,-/Kg


Pertanyaannya sampai berapa harga wajar?.



Untuk hari ini tusuk sate ayam yang dalam ukuran 21cm x 2,5 mm berisi 1200 tusuk artinya harga 12000/kg bermakna per tusuk harga hanya Rp. 10,- ...wooow sangat murah bukan dibanding menu sate nya??.

Jadi menurut kami harga tusuk sate ayam hingga Rp.30.000,-/kg itu masih wajar, karena per tusuk hanya Rp.25,-. akankah harga turun? tidak. Harga tentu akan naik dan terus naik. Selamat memperlajari trend nya.








Posting Komentar untuk "HARGA bagi Distributor atau Reseller Tusuk Sate"