Menjawab Pertanyaan Singkat Kuliner Jepang : Teppanyaki itu apa?

Teppanyaki | Source : https://lasvegas-sushi.com

Jepang memiliki banyak daftar kuliner yang lezat dan mendunia. Salah satu diantara alasan yang banyak itu adalah, masakan Jepang selalu cepat saji sekaligus fresh dari dapur langsung. Bahkan memasaknya pun demikian show begitu demonstratif.

Teppanyaki sebenarnya merupakan perpaduan dua kata yang menggambarkan teknik atau gaya menyiapkan masakan Jepang. Kata “teppan” berarti “wajan besi” dan kata dalam bahasa Jepang “yaki” berarti dipanggang, digoreng, atau dipanggang. Teppanyaki mengacu pada masakan Jepang yang biasanya disiapkan menggunakan wajan besi datar besar yang biasanya dipanaskan dengan gas propana. Koki akan meletakkan semua peralatan dan bahan-bahan di tepi panggangan dan akan memasak beberapa hidangan di depan pengunjung dengan bakat dan kecepatan yang menakjubkan. Ibarat pertunjukan Cirque du Soleil dengan udang akrobatik dan sayuran terbang sebagai bintang pertunjukannya.

Pada tahun 1945, Misono, sebuah jaringan restoran Jepang, pertama kali memperkenalkan konsep restoran steak Barat yang menggabungkan teknik memasak Jepang untuk menyiapkan berbagai hidangan di teppan. Restoran steak gaya Jepang baru ini menjadi sangat populer di kalangan pengunjung Amerika. Saat ini, tradisi restoran steak teppanyaki ini berkembang pesat di A.S. dan restoran terus meningkatkan standar bagi koki mereka saat mereka tampil di hadapan pengunjung dengan memperkenalkan manuver dan trik baru yang harus dikuasai dalam menggunakan peralatan mereka.



Masakan Panggangan Teppan (Teppanyaki Cuisine)

Panggangan teppan memiliki permukaan padat yang panjang dan lebar sehingga koki tidak perlu memasak makanan dalam panci atau wajan terpisah sehingga semua bahan dapat dimasak secara bersamaan. Tergantung pilihan menu dari tamu yang duduk di meja, seorang chef biasanya akan memasak steak, lobster, scallop, udang, ayam, nasi, mie, telur, dan sayuran potong dadu dengan beberapa saus.

Teppanyaki Cuisine |  Source : https://lasvegas-sushi.com

Bagaimana Rasa Teppanyaki?

Cara terbaik untuk menjawab pertanyaan Anda “Apa itu Teppanyaki?” adalah merasakan masakan itu  sendiri! Jika Anda belum pernah ke restoran steak teppanyaki, Anda dapat dengan mudah menemukannya jika Anda tinggal di kota besar seperti Las Vegas. 

Salah satu sajian Teppanyaki

Banyak orang mencari hiburan dan suasana, dengan bonus tambahan berupa santapan lezat. Hidangan interaktif ini menyenangkan untuk pasangan, kelompok besar, dan perayaan khusus seperti ulang tahun.

Posting Komentar untuk "Menjawab Pertanyaan Singkat Kuliner Jepang : Teppanyaki itu apa?"